Membuat Forum dengan PHP dan MySQL


Ada begitu banyak bentuk layanan di internet dimana layanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam kesehariannya sebagai mahluk hidup yang tentunya haus akan sesuatu yang baru, menyenangkan, fun dan menarik. Sebut saja di antaranya adalah layanan forum yang banyak bertaburan di internet. Salah satu layanan forum gratis yang terkenal adalah phpbb yang menawarkan banyak kemudahan dalam menggunakannya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba belajar membuat sebuah aplikasi forum sederhana dengan menggunakan PHP dan MySQL.

Namun, mengingat jumlah file yang telah saya kerjakan cukup banyak dan membingungkan maka saya hanya akan menjelaskan garis-garis besarnya saja. Selebihnya Anda dapat mendownload file latihan kita di bagian bawah halaman ini.

Berikut beberapa tampilan screenshot dari aplikasi forum yang telah saya kerjakan sebelumnya:

Untuk link downloadnya dapat diambil di bawah ini:

Download file latihan membuat forum dengan PHP dan MySQL

Akhir kata, semoga latihan kali ini cukup membantu Anda dalam menguasai pemrograman PHP/MySQL.

25 thoughts on “Membuat Forum dengan PHP dan MySQL

  1. @Permadi_Adi : bisa kok bro, barusan saya tes download dari ziddu.com dan berhasil..
    thanks atas kunjungannya..

    @Dewa_Saber: thanks bro atas requestnya, mohon bersabar pasti saya update programnya dengan fitur-fitur baru. maklum lagi sibuk ngerjain tugas..
    thanks atas kunjungannya..

  2. Gan, saya sudah coba implementasikan dalam website temen saya… tapi mengalami error gan… padahal saat saya install di localhost semua baik2 saja…

    Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter – headers already sent (output started at /home/entrance/public_html/forum/index.php:2) in /home/xxxxxxx/public_html/forum/header.php on line 9

    gitu errornya gan, mohon solusinya ya gan…

    1. @EdiSainer,

      – Paket software web servernya pake software apa ya?. Apakah XAMPP, VertrigoServ, PHPTriad atau yang lain..
      – Error tentang session sudah di-sent seringya terjadi karena sebelum perintah session_start() ditulis terdapat kode-kode HTML yang ditulis sebelumnya. Coba dipastikan lagi kode-kodenya. Program tersebut sudah dites dengan XAMPP dan VertrigoServ dan tidak ada masalah.

      Untuk info saja, saya berencana meng-update program forum tersebut agar lebih kompleks dan mumpuni sebagai media untuk pembelajaran sesama web developer serta memastikan tidak ada lagi bug di dalamnya. Mohon untuk bersabar…

    2. @EdiSainer,

      Barusan saya mendownload program tersebut dari Ziddu.com dan bisa saya jalankan dengan VertrigoServ tanpa ada masalah sedikit pun. saya tidak mengubah apapun selain password untuk server VertrigoServ dan juga membuat database di phpmyadmin itu pun copas langsung

      coba diperiksa lagi kode programnya…

      1. sudah bisa gan, saya modifi fungsi
        require(dirname(__FILE__).’/header.php’ ); dengan include(‘header.php’);
        Mungkin karena saya rubah tampilannya jadi error… makasih ya gan… Bagus banget ini program nya… fleksibel banget scriptnya…

        Oya, kalau agan bisa melengkapi semua fungsinya sebelum pertengahan bulan Februari, ane kasih agan donasi Rp. 300.000,- biar makin semangat ngeblog.😀

        buatin aja file admin.php sama profile.php nya gan… kalau sudah jadi kirim email ke edisainer@mail.com, jangan lupa nomer rekening agan kirim juga.

        Salam Web Developer…

      2. @EdiSainer,

        Good to hear that, fungsi require(dirname(__FILE__).’/header.php’ ); sebenarnya perintah untuk membuat absolut path atau akses secara mutlak terhadap direktori atau file yang akan kita panggil di file lainnya. Penggunaan fungsi ini lebih cocok bagi saya karena sifatnya tidak relatif path yang akan sangat berpengaruh saat program yang kita buat diupload ke web hosting internet kita.

        kebetulan saya sudah membuat artikel baru yang merupakan lanjutan pengembangan dari program forum yang sederhana ini. Jujur aja sich, saya kadang merasa tidak PD dengan program yang saya buat takutnya tidak sesuai standar meski saya sudah berusaha belajar dari gaya pemrograman programmer luar negeri.

        Ntar kalau sudah selesai saya akan kirim email ke Anda. Ditunggu yach…

        Salam Web Developer,

        Andrew Hutauruk

    1. Maksudnya schema databasenya atau gimana ya bro…

      Silahkan lihat contoh dibawah ini, namun untuk lebih jelasnya download saja file latihannya sudah ada kok.

      create table topic(
      topic_id int not null auto_increment primary key,
      cat_id int not null,
      user_id int not null,
      created int not null,
      title text not null,
      detail text not null );
      
      create table category(
      cat_id int not null auto_increment primary key,
      catname text not null,
      created int not null );
      
      create table replies(
      reply_id int not null auto_increment primary key,
      topic_id int not null,
      user_id int not null,
      reply text not null,
      created int not null );
      
      create table user(
      user_id int not null auto_increment primary key,
      username varchar(30) not null,
      firstname varchar(30) not null,
      lastname varchar(30) not null,
      password varchar(32) not null,
      email varchar(50) not null,
      photo varchar(30) not null,
      member_date int not null,
      lastup_date int not null,
      online tinyint(1) not null,
      address varchar(80) not null,
      city varchar(40) not null,
      country varchar(40) not null );
      
      create table admin(
      admin_id int not null auto_increment primary key,
      username varchar(30) not null,
      firstname varchar(30) not null,
      lastname varchar(30) not null,
      password varchar(32) not null,
      email varchar(50) not null,
      photo varchar(30) not null,
      member_date int not null,
      lastup_date int not null,
      online tinyint(1) not null,
      address varchar(80) not null,
      city varchar(40) not null,
      country varchar(40) not null );
      

      Schema database ini sudah saling berelasi dan dapat saling melakukan query terhadap masing-masing table dimana table user, topic, reply saling berhubungan.

      Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, selebihnya dapat dikembangkan sendiri dan terimakasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Salam Web Developer,
      Andrew Hutauruk

    1. sama-sama bro, keep stay in touch untuk artikel–artikel yang berkualitas lainnya karena fokus saya adalah membuat tutorial langsung kepada pemecahan masalah dengan membuat program dari awal hingga selesai bukan hanya sekedar tutorial biasa saja.

      Kalau masalah ke-kompleks-an program saya kira dapatlah dimaklumi namanya juga masih belajar tapi setidaknya dapat bermamfaat bagi orang yang memang membutuhkan.

      terimakasih atas kunjungannya ke blog saya and salam web developer…

    1. Sedang dalam perbaikan mas bro, harap menunggu ya mungkin beberapa waktu mendatang akan saya publish. Btw, thanks for visiting my real simple blog…

Leave a Reply

