CodeIgniter: Mari Mengenal Framework CodeIgniter


Memutuskan untuk menggunakan sebuah framework dalam pengembangan sebuah aplikasi tentunya merupakan sebuah terobosan baru yang sungguh akan mengubah roda kehidupan seorang pengembang aplikasi, memang tidak di semua lini kehidupan sih tapi paling tidak paradigma pemrogramannya akan berubah dengan sendirinya. Dunia pemrograman saat ini telah dicekoki banyak sekali framework-framework yang diklaim paling ini, paling itu, dan paling-paling lainnya. Banyak pengembang yang mulai mengubah arah metode pemrogramannya dengan mempelajari salah satu atau bahkan lebih jenis framework yang beredar luas dan gratis di pasaran. Tak lupa juga aku mulai mengubah haluan konsep dan metode pengembangan program aplikasi dengan memamfaatkan framework-framework tersebut. Banyak faktor yang menjadi penyebab, terlebih lagi banyak perusahaan yang serta-merta ikut mensyaratkan harus menguasai salah satu framework A, B, C, dan Z. Dan kusarankan kalian juga semuanya yang nyasar ke blog lusuh ini agar ikut-ikutan untuk beralih menggunakan salah satu framework tersebut. Pilih salah satu dan kuasai, lalu hasilkan uang dan harga diri darinya. Kalau sudah mapan, jangan malas untuk ikut berkontribusi mengembangkan framework tersebut agar semakin baik di mata kita semua.

Di antara bejibun framework yang ada di pasaran saat ini, adalah namanya framework CodeIgniter dan akupun mulai menyukainya. Memang untuk saat ini belum ada tulisan maupun contoh program yang telah kubuat dengan menggunakan framework ini, tetapi harap bersabarlah, nanti akan kubikin pun. Soal mengapa aku lebih memilih framework ini adalah urusanku sendiri ya, jangan ada yang nanya. Ini sifatnya Totally Classified.

Mengutip dari apa yang dituliskan di User Guide-nya CodeIgniter:

CodeIgniter is an Application Development Framework – a toolkit – for people who build web sites using PHP. Its goal is to enable you to develop projects much faster than you could if you were writing code from scratch, by providing a rich set of libraries for commonly needed tasks, as well as a simple interface and logical structure to access these libraries. CodeIgniter lets you creatively focus on your project by minimizing the amount of code needed for a given task.

Ya, tentu sudah jelas bagi mereka yang sangat paham Bahasa Inggris apa maksud dari pengantar singkat tentang apa itu CodeIgniter dan rasanya terlalu mubajir jika harus kujelaskan ulang. Eiiit…, bukan semata-mata karena aku tidak bisa bahasa Inggris ya, bisanya aku bahasa Inggris. Bagusnya nilai bahasa Inggrisku waktu UN.

Dan berikut ini juga adalah informasi yang tidak kalah penting tentang mengapa harus memilih CodeIgniter:

  • You want a framework with a small footprint.
  • You need exceptional performance.
  • You need broad compatibility with standard hosting accounts that run a variety of PHP versions and configurations.
  • You want a framework that requires nearly zero configuration.
  • You want a framework that does not require you to use the command line.
  • You want a framework that does not require you to adhere to restrictive coding rules.
  • You are not interested in large-scale monolithic libraries like PEAR.
  • You do not want to be forced to learn a templating language (although a template parser is optionally available if you desire one).
  • You eschew complexity, favoring simple solutions.
  • You need clear, thorough documentation.

Nah, sudah jelas kan mengapa disarankan untuk memilih menggunakan CodeIgniter. Jangan kau kira aku mengarang-ngarang semua itu ya. Kau donlodlah dari situsnya CodeIgniter lalu ekstrak ke foldermu, maka akan kau temukan User Guide-nya disana.

Jadi, mulai sekarang kalau kau punya project website, pilihlah framework ini sebagai pelatihan awal, kuasai sampai ke akar-akarnya, jangan sisakan sedikitpun. Jika sudah merasa matang menguasai framework ini lalu lanjutkan untuk menguasai framework-framework lainnya seperti CakePHP, Yii, Laravel, Kohana, Symfony, Phalcon, Zend, Slim, dan lain sebagainya.

Dan, sejatinya tulisan ringan ini hanyalah sebagai perkenalan dan ajakan lembut bagi Anda para pemuda/i yang berjiwa programmer untuk mari tetap mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengupdate skill dan kemampuan dasar seorang programmer. Kalau tidak tertarik, ya tidak apa-apa, dan enyahlah dari sini. sudah, itu saja. Tulisan berikutnya akan difokuskan tentang implementasi dari framework CodeIgniter itu sendiri yang dipadu dengan kekayaan JavaScript, HTML5, dan CSS3.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s